Senin, 09 Januari 2017

Amalan Ikhlas Tanpa Pujian

 

Assalamu’alaikum

Saudaraku seiman, Memberi & menolong tanpa pamrih adalah sikap yg mulia lagi terpuji. Terpujianya suatu sikap ataupun perbuatan tidak akan ada dgn sendirinya tanpa diuji oleh Allah SWT. Orang yg ikhlas memberi akan diuji bila pemberiannya itu tidak dibalas dgn pujian shg ia pun tdk akan mengungkit pemberiannya.

Orang yg ikhlas menolong akan diuji bila pertolongannya tdk diingat oleh orang yg pernah ia tolong shg ia juga tdk mau membalas memberi pertolongan kpd orang yg pernah menolong dirinya. Kebaikan apapun yg pernah diberikan kpd orang lain maka tdk perlu di ingat & diharapkan balasannya bahkan segera lupakan saja agar tetap terjaga keikhlasannya. Sebab kita berbuat kebaikan bukan utk mengharapkan balasan dari manusia tetapi balasan dari Allah SWT.

Balasan dari manusia tak seberapa tetapi balasan dari Allah SWT luar biasa tanpa ada batasannya baik ketika ia msh hidup didunia apalagi kelak diakhirat. Pemberian & pertolongan akan terjaga keikhlasannya bila tetap dirahasiakan serta dilupakan. Sebagaimana tangan kanan memberi sementara tangan kiri tdk pernah melihatnya.

Allah SWT berfirman, “Hai orang2 yg beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebut nya & menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yg menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia & dia tidak beriman kepada Allah & hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yg di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tdk bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatu pun dari apa yg mereka usahakan & Allah tidak memberi petunjuk kepada orang2 yg kafir.(QS.Al-Baqarah:264).

Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar