Jumat, 30 Desember 2016

Ilmu Tanpa Amalan

Tausiyah senja

#Ilmu Tanpa Amalan#

Assalamu’alaikum

Saudaraku seiman, Kita patut bersyukur kpd Alah SWT bhw perkembangan teknologi informasi sangat membantu mempermudah urusan kehidupan manusia. Tdk hanya dlm hal komunikasi tp jg dlm hal utk mendapatkan informasi ilmu yg bermanfaat.

Hampir setiap saat informasi broadcast dari media sosial berseliweran. Ada informasi sampah alias hoax & ada jg informasi yg berguna. Postingan da’wah melalui media sosial jg patut disyukuri kehadirannya sebab tanpa hrs menghadiri majelis ilmu kita msh bisa belajar tentang kemuliaan ajaran Islam. Meskipun sebaik2 belajar adl bertemu dihadapan seorang guru.

Ilmu akan menjadi bermanfaat bagi orang yg mempelajari & bagi orang yg mengajarkannya ketika diamalkan. Ilmu itu akan menjadi penerang jalan kehidupan ketika dikaji & diamalkan. Sebaliknya Ilmu akan menjadi tak bernilai & tak bermanfaat hanya sebatas difahami sbg pemuas kecerdasan intelektual. Ilmu jg akan membekas ke dlm jiwa ketika diamalkan & diajarkan kpd orang lain.

Pepatah Arab mengatakan, Al-‘ilmu bilaa ‘amalin kasyajari bilaa tsamarin : Ilmu tanpa amal ibarat pohon tidak berbuah. Mari jgn kita sia-siakan kehadiran media sosial da’wah utk menimba ilmu agar bisa diamalkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Telapak kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat kelak hingga ia ditanya tentang empat hal : (salah satunya adalah) tentang ilmunya, apa yang sudah dia amalkan dari ilmunya tersebut?”(HR.Tirmidzi).

Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar